Social Icons

Senin, 15 Oktober 2012

Wow... Ditemukan Planet yang Diterangi 4 Matahari!


Sekelompok ahli astronomi internasional baik profesional maupun amatir mendapatkan temuan menakjubkan dan fenomenal di luar angkasa. Mereka menemukan planet yang diterangi oleh 4 matahari sekaligus. Wow!
Planet yang terletak sekitar 5.000 tahun cahaya dari bumi ini diberi nama 'PH1'. Nama tersebut dipilih untuk menghormati Pemburu Planet (Planet Hunters), yang merupakan sebuah program yang dijalankan oleh Universitas Yale, Amerika Serikat (AS). Program ini diikuti oleh sejumlah besar relawan yang bertugas mencari tanda-tanda keberadaan planet baru di luar angkasa.
Temuan tersebut menunjukkan bahwa PH1 mengorbit dua matahari dan ada saatnya planet itu juga mengorbit pada sepasang bintang lainnya yang terletak lebih jauh. Para peneliti menuturkan, hanya ada 6 planet yang diketahui mengorbit pada dua bintang, namun tidak ada planet yang juga mengorbit pada bintang lain yang jaraknya jauh.
"Planet circumbinary (sebutan untuk planet yang mengorbit dua bintang-red) tergolong ekstrem dalam formasi planet di luar angkasa," ujar pemimpin program dari Universitas Yale, Meg Schwamb, seperti dilansir AFP, Selasa (16/10/2012).
"Temuan sistem ini memaksa kita untuk kembali memetakan pemahaman bahwa planet semacam itu mampu berkumpul dan berkembang dalam lingkungan yang menantang," imbuhnya dalam pertemuan tahunan Divisi Ilmu Keplanetan Komunitas Ahli Astronomi Amerika yang digelar di Nevada, AS.
Adalah seorang warga negara AS dan juga anggota Planet Hunters, yakni Kian Jek dan Robert Gagliano yang pertama kali menemukan PH1. Pengamatan luar angkasa mereka dipastikan oleh tim ahli astronomi dari AS dan Inggris yang bermarkas di Hawaii, AS.
"Masih tetap mencengangkan bagi saya bagaimana kami dapat mendeteksinya, terlebih berhasil menjaring begitu banyak informasi tentang planet lain yang berjarak ribuan tahun cahaya hanya dengan mempelajari cahayanya dari bintang induknya," tandas Jek.
PH1 merupakan planet gas raksasa yang berukuran sekitar 6,2 kali lebih besar dari bumi, atau sedikit lebih besar dari planet Neptunus. PH1 mengorbit pada sepasang bintang yang berukuran 1,5 kali dan 0,41 kali lebih besar dari matahari kita. PH1 mengorbit secara penuh setiap 138 hari. Sedangkan dua bintang lainnya yang juga menjadi orbit PH1 terletak agak jauh, yakni sekitar 1.000 kali jarak antara bumi dan matahari.
Temuan PH1 ini telah didaftarkan secara resmi kepada Astrophysical Journal untuk publikasi, serta bisa dilihat secara online melalui situs arxiv.org sejak Senin (15/10) waktu setempat.

Tidak ada komentar:

 
Twitter Facebook Google +