Jumat, 16 Maret 2012

Pemanasan Global


BAB 1 : PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah

Pemanasan global atauGlobal Warming” merupakan satu istilah yang tak asing lagi di telinga kita. Peristiwa yang disebabkan oleh peningkatan suhu rata-rata di bumi itu menyebabkan berbagai macam bencana di dunia.Peran kita sangat besar untuk mengatasi global warming.Saatnya bagi kita untuk menyelamatkan bumi kita! Lewat karya tulis ini akan dibahas pemanasan global.

1.2 Rumusan Masalah
 a. Apa itu pemanasan global?
 b. Apa yang menyebabkan pemanasan global?
 c. Bagaimana dampak pemanasan global?
 d. Apa solusinya?


1.3 Tujuan Penulisan

 -Sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas ujian praktek bahasa                                                                                                                 Indonesia penulis.
 -Memberitahukan kepada pembaca betapa bahayanya pemanasan global.



1.4 Kegunaan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan ini adalah :
-Agar penulis dapat mengenal lebih baik tentang pemanasan global, arti, penyebab, akibat yang ditimbulkan, maupun solusinya.
-Agar pembaca dapat mengenal lebih baik tentang pemanasan global, arti, penyebab, akibat yang ditimbulkan, maupun solusinya.









BAB 2 : PEMBAHASAN

A. Pengertian Pemanasan Global
Menurut kamus besar Wikipedia Indonesia, Pemanasan global  (Inggris: global warming ) adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.
Menurut Blog Imaduddin syukra, Pemanasan global/global warming adalah proses peningkatan suhu di udara, laut, perubahan iklim yg sangat membahayakan kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi.

B. Penyebab Pemanasan Global
International Panel on Climate Change (IPCC) merupakan sebuah kelompok peneliti yang dibentuk oleh Perserikatan Bangsa Bangsa(PBB), untuk mengawasi sebab dan dampak pemanasan global. Penelitian yang telah dilakukan selama beberapa dekade terakhir ini membuktikan bahwa penyebab kenaikan suhu di bumi terkait langsung dengan gas-gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktivitas manusia. Kebanyakan dari gas rumah kaca ini dihasilkan oleh peternakan, pembakaran bahan bakar fosil dari kendaraan bermotor, pabrik-pabrik modern, penebangan hutan secara besar-besaran,serta pembangkit tenaga listrik.
Kontributor terbesar pemanasan global saat ini adalah:
a.Karbondioksida (CO2),
b.Metana (CH4) yang dihasilkan agrikultur dan peternakan ( terutama              dari sistem pencernaan hewan-hewan ternak),
c.Nitrogen Oksida (NO) dari pupuk, dan
d.Gas-gas yang digunakan untuk kulkas dan pendingin ruangan (CFC).

C. Dampak Pemanasan Global
          Pemanasan global banyak memberikan dampak buruk bagi dunia, danlingkungan bio-geofisik, antara lain :
 a.) Mencairnya Es di Kutub Utara dan Kutub Selatan Es di Greenland yang telah mencair hampir mencapai 19 juta ton! Dan volume es di Artik pada musim panas 2007 hanya tinggal setengah dari yang ada 4 tahun sebelumnya!
Dengan menggunakan data es terbaru, serta modelprediksi yang lebih akurat, Dr. H. J. Zwally, seorang ahli iklim NASA membuat prediksi baru yang sangat mencengangkan: HAMPIR SEMUA ES DI KUTUB UTARA AKAN LENYAP ANTARA TAHUN 2008 - 2012!

 b.) Meningkatnya Level Permukaan Laut akibat Mencairnya es di kutub utara dan kutub selatan berdampak langsung pada naiknya level permukaan air laut (grafik di samping menunjukkan hasilpengukuran level permukaan air laut selama beberapa tahun terakhir). Para ahli memperkirakan apabila seluruh Greenland mencair. Level permukaan laut akan naik sampai dengan 7 meter! Cukup untuk menenggelamkan seluruh pantai, pelabuhan, dan dataran rendah di seluruh dunia.

 c.) Perubahan Iklim atau Cuaca yang Semakin Ekstrim Pola curah hujan berubah-ubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir di satu tempat, tetapi kekeringan di tempat yang lain,topan dan badai tropis baru akan bermunculan dengan kecenderungan semakin lama semakin kuat, badai topan di Jepang dan Amerika Serikat terus memecahkan rekor kecepatan angin, skala, dan kekuatan badai dari tahun ketahun, curah hujan dan badai salju di China juga terus memecahkan rekor baru dari tahun ke tahun. Tidak ada satu benua pun di dunia ini yang luput dari perubahan iklim yang ekstrim

 d.) Gelombang Panas Menjadi Semakin Ganas Tahun 2007 adalah tahun pemecahan rekor baru untuk suhu yang dicapai oleh gelombang panas yang biasa melanda Amerika Serikat. Daerah St. George,Utah memegang rekor tertinggi dengan suhu tertinggi mencapai 48° Celcius.(Sebagai perbandingan, Anda dapat membayangkan suhu kota Surabaya yangterkenal panas hanya· berkisar di antara 30°-37° Celcius). Suhu di St. Georgedisusul oleh Las Vegas dan Nevada yang mencapai 47° Celcius, serta beberapa
kota lain di Amerika Serikat yang rata-rata suhunya di atas 40° Celcius.Daerah Death Valley di California malah sempat mencatat suhu 53° Celcius!Serangan tahun itu memakan beberapa korban meninggal (karena kepanasan), mematikan ratusan ikan air tawar, merusak hasil pertanian, memicu kebakaran hutan yang hebat, serta membunuh hewan-hewan ternak.

 e.) Habisnya Gletser- Sumber Air Bersih Di Dunia
 f.) Perluasan Gurun Pasir
 g.)Punahnya Flora dan Fauna Tertentu Pemanasan global juga mengakibatkan dampak yang serius bagi aktivitas sosial-ekonomi masyarakat, antara lain :
     a.Gangguan terhadap fungsi kawasan pesisir kota dan pantai,
     b.Gangguan terhadap fungsi prasarana dan sarana seperti jalan, pelabuhan            dan bandara,
     c.Gangguan terhadap pemukiman penduduk,
     d. Pengurangan produktivitas lahan pertanian,
     e. Peningkatan resiko kanker dan wabah penyakit, dll.

D. Solusi
Untuk melindungi bumi kita dari serangan pemanasan global, kita dapat melakukan berbagai hal seperti berikut :
 a.Mendukung kampanye perubahan iklim dari organisasi hijau setempat
 b.Menjadi vegetarian atau vegan adalah satu-satunya gerakan paling hijau  yang bisa dilakukan seseorang
 c.Berjalan atau naik sepeda dapat mengurangi gas rumah kaca
 d.Hemat energy, matikan alat yang tidak digunakan
 e.Kurangi, gunakan kembali, daur ulang.
 f.Gunakan sedikit air, atau secukupnya
 g.Lindungi hutan, tanam kembali hutan yang telah rusak
 h.Gunakan kipas angin dari pada pendingin ruangan (AC)
 i. melakukan reboisasi, dll.
























BAB 3 : PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari karya tulis di atas dapat disimpulkan bahwa :
-Hutan merupakan paru-paru dunia yang perlu dijaga, mari bersama-smakita jaga kelestarian hutan, mulai dari sekarang.
-Pemanasan global merupakan permasalahan serius yang harus kitasadari. Selamatkan bumi kita sama dengan selamatkan hidup anak cucu kita.

3.2 Saran
- Usia kita masih remaja, banyak cara dapat kita lakukan untuk menyelamatkan hutan dan bumi kita.
- Menyelamatkan hutan dan bumi tidak harus dengan memberantas                   penebang liar, tetapi mulai dari hal kecil seperti menjaga kelestarian hutan, menggunakan air dan hasil alam secukupnya, dan ikut menanam pohon di sekitar lingkungan kita. Kita juga dapat bersepeda ke sekolah, untuk mengurangi emisi pada atmosfer bumi.
- Mulailah semua dari diri kita sendiri.

Tidak ada komentar:

 
Twitter Facebook Google +