Rabu, 15 Februari 2012

Dampak Globalisasi Di Segala Bidang


Globalisasi di Bidang Perekonomian
Globalisasi perekonomian merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara. Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang dan jasa.
http://aufidiyana.files.wordpress.com/2010/10/pasar.jpegKetika globalisasi ekonomi terjadi, batas-batas suatu negara akan menjadi kabur dan keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasional akan semakin erat. Globalisasi perekonomian di satu pihak akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif, sebaliknya juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik.
http://1.bp.blogspot.com/-U6vnd1jyo_w/Tab69wz_dtI/AAAAAAAAAEk/r95SC1III6A/s1600/PanJiaYuan+antique+mart.JPG 

Globalisasi di bidang Sosial Budaya.
Globalisasi Sosial Budaya adalah Sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu keseluruh dunia sehingga menjadi budaya dunia atau world culture.

Ciri berkembangnya globalisasi kebudayaan :

§  Berkembangnya pertukaran kebudayaan internasional.
§  Penyebaran prinsip multikebudayaan (multiculturalism), dan kemudahan akses suatu individu terhadap kebudayaan lain di luar kebudayaannya.
§  Berkembangnya turisme dan pariwisata.
§  Semakin banyaknya imigrasi dari suatu negara ke negara lain.
§  Berkembangnya mode yang berskala global, seperti pakaian, film dan lain lain.
§  Bertambah banyaknya event-event berskala global, seperti Piala Dunia FIFA.
§  Persaingan bebas dalam bidang ekonomi
§  Meningkakan interaksi budaya antar negara melalui perkembangan media massa


Contoh Dampak Globalisasi di Bidang Sosial Budaya :
http://www.instablogsimages.com/1/2012/01/06/junk_food_kihlx.jpghttp://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/cd/Conflict.jpg/150px-Conflict.jpghttp://www.denimology.com/2011/06/Bottega-Veneta-SS-2012-Menswear-Denim-Looks-1-thumb-466x485-70288.jpg



Globalisasi di bidang teknologi dan informasi.
Globalisasi membawa kemajuan di bidang teknologi dan komunikasi yang cukup baik di Indonesia. Dulu, komunikasi di indonesia masih sangat tradisional. Untuk bisa menyampaikan informasi dari satu tempat ke tempat lain, dibutuhkan waktu berhari-hari. Ya, sebelum maraknya telepon selular dan internet, masyarakat Indonesia masih menggunakan jasa pengiriman surat. Namun, karena adanya globalisasi, kini informasi dapat kita peroleh dengan mudah dan cepat.
Tapi, di samping keuntungan dari kemajuan teknologi akibat globalisasi, komunikasi dan budaya di Indonesia semakin mengalami kemunduran. Coba kita tengok anak-anak muda jaman sekarang. Hampir semua anak-anak remaja di Indonesia memiliki handphone. Dan kebutuhan akan handphone bagi remaja Indonesia sudah nyaris menjadi kebutuhan primer. Kemana saja tujuan mereka pasti tersimpan handphone di saku atau tasnya. Kadangkala mereka tidak menyimpannya, justru menggenggamnya dengan jempolnya ber-sms ria dengan temannya.
Belum lagi mereka yang menggunakan handphone yang sedang trend akhir-akhir ini. Yaitu handphone merk Black Berry atau lebih mudahnya disebut BB. Tiap menit BB mereka selalu berbunyi, baik mereka sedang di rumah maupun sedang berjalan-jalan bersama keluarga. Saking asyiknya membalas BBM dari temannya yang berada hitungan kilometer dari mereka, mereka tidak sadar kalau sedang mengabaikan acara bersama keluarganya. Ya, chatting berasa lebih seru ketimbang ngobrol bersama saudara. Alhasil hubungan mereka dengan keluarga mereka menjadi lebih renggang.

http://2.bp.blogspot.com/_eezZe9GQgYI/TNvsJ0D1J2I/AAAAAAAAACo/YoG1vdQ_mXE/s1600/situs-jejaring-sosial2.jpg8ea51 hp touchsmart pc Apple, Pembuat PC Terbesar di Dunia Saat Ini?



http://www.ekodokcell.com/wp-content/uploads/2011/08/boldVGA.jpeg






                    Contoh Dampak Globalisasi Di Bidang Teknologi dan Informasi


Globalisasi di Bidang Politik.
            Pengaruh positif globalisasi di bidang politik adalah kehidupan politik yang demokratis , dengan mengutamakan keterbukaan , jaminan hak asasi manusia , dan kebebasan , berpengaruh kuat terhadap pikiran maupun kemauan bangsa Indonesia .

            Segi negatif dari pengaruh globalisasi terhadap bidang politik , terutama adanya ancaman disintegrasi bangsa dan negara yang akan menggoyahkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
http://www.demokrat.or.id/wp-content/uploads/2012/01/17960.jpghttp://www.empatpilarkebangsaan.web.id/wp-content/uploads/2011/11/pancasila3.jpg





Tidak ada komentar:

 
Twitter Facebook Google +